Skip to main content

Keutamaan dan Manfa'at Bersedekah

Keutamaan dan Manfa'at Bersedekah
Bersedekah

Assalamu'alaikum Wr.Wb
(Alangkah indah orang yang bersedekah, dekat dengan Allah, dekat dengan surga. Tak kan berkurang harta yang sedekah, akan bertambah, akan bertambah). 
Lantunan lirik dari penyanyi religi opick memang benar adanya, bahkan kelebihan orang yang bersedekah bukan hanya dekat dengan Allah (Hablu minallaah, tapi erat juga hubungannya dengan sesama manusia (Hablu minannaas).
Salah satu bukti syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia adalah bersedekah yakni dengan membagi kebahagiaan/ sebagian yang kita punya. Bersedekah akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan karena telah meringankan beban orang lain, hati yang lapang, serta memupuk keimanan kita jika disertai dengan keikhlasan. Sedekah berasal dari bahasa arab shadaqoh yang artinya suatu pemberian yang diberikan kepada orang lain secara sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Bersedekah tidak hanya untuk orang yang kaya yang memiliki banyak harta, tapi juga bisa dilakukan oleh siapapun. Bersedekah tidak hanya berupa harta, tapi juga siapapun bisa bersedekah dengan memberikan bantuan dari tenaga, fikiran, dan ilmu kita. contohnya, jika ada orang yang memerlukan bantuan untuk memperbaiki sesuatu, dan kita dapat memperbaikinya maka itu juga termasuk sedekah. Bahkan tersenyum dengan ikhlas juga merupakan sedekah loch,,karena dapat membuat orang lain senang dengan keramahtamahan kita. Tak lupa juga bahwa sedekah itu membawa kebaikan untuk kita, dan untuk kebaikan orang lain,,
Perintah Kewajiban Bersedekah:
"Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian (atau orang miskin yang tidak meminta)" (QS. Adz- Dzaariyaat:19).
"Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang kamu jadikan Allah sebagai penguasanya, Maka orang-orang yang beriman diantara kamu dan menafkahkan (sebagian dari hartanya), memperoleh pahala yang besar" (QS. Al-Hadid: 7)
Telah bersabda Rasulullah SAW: "Setiap muslim wajib bersedekah" tanya mereka, "Ya Nabi Allah! Bagaimana orang yang tidak punya?" ujar Nabi, "Hendaklah ia berusaha dengan tangannya, hingga menguntungkan bagi dirinya, lalu ia bersedekah" tanya mereka lagi, "jika tidak ada?" ujar nabi, "Hendaklah ia menolong orang yang didesak oleh kebutuhan dan yang mengharapkan bantuan orang", tanya mereka "Dan jika tidak ada pula?" Ujarnabi, "Hendaklah ia melakukan kebaikan dan menahan diri dari kemungkaran, karena ia berarti sedekah daripadanya" (HR. Bukhari).
Tahukah anda Keutamaan dari Bersedekah? bersedekah bukan hanya membagi rasa syukur kita dengan berbagi untuk kebaikan orang lain, tapi juga memiliki banyak keistimewaan dan manfa'at untuk diri kita yang gemar bersedekah. 
Beberapa KEUTAMAAN DARI BERSEDEKAH:
1. Wasilah (perantaraan) untuk menambah rezeki dari Allah
Sewajarnya untuk mendapatkan rezeki, kita berusaha keras untuk mendapatkan penghasilan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup dengan ikhtiar bekerja dan berdo'a, namun ada baiknya jika kita menyertainya dengan bersedekah. 
Rasulullah SAW bersabda: "Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan, bahkan akan bertambah, akan bertambah, dan akan bertambah".(HR. Muslim). Ali bin Abi Thalib pun berkata: "Pancinglah rezeki dengan bersedekah".
"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan" (QS. Al-Baqarah:245).
2. Menghapus dosa 
"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka ...(QS. At- Taubah:103).
Untuk mendapatkan pengampunan dari Allah, seorang manusia baiknya melakukan taubat dari perbuatan-perbuatan buruk yang telah dilakukannya, tidak mengulangi dosa-dosa yang telah diperbuatnya, serta berdo'a memohon ampunan-Nya. ada baiknya pula, jika disertai dengan bersedekah.
Rasulullah SAW bersabda: "Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api". (HR. Tirmidzi) . 
3. Orang yang gemar bersedekah akan mendapatkan naungan dari Allah
"Seseorang yang bersedekah dengan menyembunyikannya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya".(HR. Bukhari no. 1421).
Hadits tersebut menceritakan tentang orang yang bersedekah dengan penuh keikhlasan, yakni bersedekah tanpa mengharap pujian (riya), dan tanpa diketahui orang lain lebih baik baginya, insya Allah akan mendapat naungan dari Allah di akhirat kelak.
4. Sedekah dapat memberikan keberkahan pada harta
"Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya". (HR. Muslim)
5. Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah
"Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan (agama) Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala disisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati". (QS. Al-Baqarah:262).
"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, Dan Allah Maha Luas (Karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui" (Qs. Al-Baqarah: 261).
Pada kesimpulan ayat diatas bahwa tidaklah akan berkurang harta yang kita infak/ sedekahkan dengan ikhlas karena Allah, melainkan Allah akan menggantinya dengan berlipat ganda. 
"Sesungguhnya orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan ganjarannya kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak". (Qs. Al-Hadid: 18).
6. Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur
"Sedekah akan memadamkan api siksaan didalam kubur". (HR. Thabrani)
7. Memanjangkan umur
Sabda Rasulullah SAW, "Perbanyaklah sedekah. sebab, sedekah bisa memanjangkan umur".
8. Membantu menyembuhkan penyakit
"Obatilah penyakitmu dengan sedekah".(HR. Baihaqi)
9. Menolak bala/ musibah
Rasulullah SAW bersabda: "Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah".
Imam Ibnul Qoyyim RA pernah berkata: "Sesungguhnya sedekah bisa memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai bencana sekalipun pelakunya orang yang Fajir (pendosa), zhalim atau bahkan orang kafir, karena Allah SWT akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantaraan sedekah tersebut".
dalam kesempatan lain beliau menambahkan: "Sesungguhnya sedekah dapat membebaskan seorang hamba dari azab Allah SWT, Seseorang yang melakukan dosa dan kesalahan, ia patut celaka. tetapi kalau ia segera mau menyusulinya dengan bersedekah, niscaya hal itu bisa membebaskan dan melepaskannya dari azab". 
Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah akan menolak kematian yang buruk atas seseorang karena sedekah yang dikeluarkannya" (dari terjemahan Al Mustraghitsun Billahi Ta'ala karya Ibnu Basykiwal).
Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah bisa menutup 70 pintu dari pintu-pintu kejelekan" (HR. Thabrani dalam Al-Kabir).
NB: Manfa'at-Manfa'at lain dari bersedekah adalah:
. Memberi sedekah dapat melatih empati kita terhadap kesusahan orang lain
. Melatih berfikir positif 
(Seseorang yang bersedekah dengan ikhlas tentunya percaya bahwa apa yang ia sedekahkan akan membawa dampak positif bagi kehidupannya). Nasib baik ataupun buruk adalah campur tangan Allah dan ada campur tangan orang lain juga, ada orang yang kita sakiti barangkali mendo'akan keburukan untuk kita yang berdampak buruk terhadap kehidupannya, begitupula seseorang yang tertolong dengan kehadiran dan pertolongan kita, insya Allah ia mendo'akan kebaikan untuk kita,,nasib baikpun bisa datang atas izin Allah karena do'anya. 
. Melatih untuk bersikap adil
Dengan membiasakan untuk bersedekah, kita belajar untuk berlaku adil, Adil tidak mengambil hak orang lain dan adil dalam berbagi kepada mereka yang membutuhkan. 
. Terhindar dari kekikiran dan keegoisan
Orang yang kikir tentu saja tidak akan rela memberikan sebagian hartanya secara cuma-cuma kepada orang lain. Dengan bersedekah kita telah melatih diri untuk tidak menjadi orang yang hanya memikirkan duniawi semata, dan tentunya kita melatih diri untuk tidak mementingkan diri sendiri untuk membantu orang lain yang benar-benar membutuhkan.
Subhanallaah..begitu indahnya yang kita dapat dari bersedekah.
jadi tidak ada alasan lagi untuk malas mengeluarkan sedekah. yuk bersedekah..\(^_^)/

Comments

Popular posts from this blog

Pentingnya Berbuat Kebaikan

Berbuat Baik selagi masih ada waktu Assalamu'alaikum.. Manusia dimuka bumi ini adalah sebagai makhluk sosial, yang saling membutuhkan dan saling berhubungan antar sesama manusia (Hablu minannaas), patutnya kita berlaku baik terhadap sesama manusia walau terkadang kebaikan kita sering dilupakan orang, Walau semaksimal mungkin kita berusaha untuk berbuat baik, namun ada saja yang berprasangka tidak baik terhadap kita. Tetaplah berbuat baik apapun media dan caranya karena tiada satu pun kebaikan, sekecil apapun yang sia-sia di dunia ini. Jangan sampai kritikan orang lain mematahkan semangat kita dalam berbuat kebaikan, tetaplah berbuat kebaikan meskipun kepada seseorang yang berlaku buruk kepada kita. Peluang berbuat baik itu selalu terbuka lebar bagi siapapun yang ingin berlaku baik, kita dapat melakukan kebaikan dimana saja dan kapan saja. Tak ada kerugian jika kita mau berlaku baik terhadap sesama, berbuat baik memiliki efek panjang untuk masa depan, Allah selalu memberikan

Sumayyah binti Khayyat: Orang dan Wanita Pertama yang Mati Syahid

Mati Syahid Sejarah Islam telah menuliskan namanya dengan tinta emas sejarah. Cahaya keimanannya begitu teguh sekeras baja, dan Ia rela mengorbankan hidupnya demi membela agama islam. Dialah Orang dan muslimah pertama yang gugur di jalan Allah (mati syahid). Wanita mulia yang layak diteladani kaum hawa itu bernama Sumayyah binti Khayyat , seorang hamba sahaya berkulit hitam yang sangat setia kepada tuannya, Abu Hudzaifah bin Mughirah . Pada suatu ketika ada seorang pendatang yakni merupakan saudara angkatnya Abu Hudzaifah yang bernama Yasir bin Amir yang berasal dari Yaman bersama saudaranya yang lain, yang sedang mencari keberadaan salah satu saudara yang hilang. Tak berselang lama, tumbuh perasaan saling suka diantara keduanya (Sumayyah & yasir). Yasir pun memutuskan untuk tidak lagi mencari saudaranya yang hilang, kemudian memutuskan untuk menetap di kota Mekkah dan tidak ikut serta bersama saudara-saudaranya. Yasir pun akhirnya mengutarakan keinginannya kepada Abu Hud

MAKNA HURUF HIJAIYAH

Diantara kita mungkin banyak yang bertanya-tanya apa sih makna dari huruf hijaiyah, penyusun yang terkandung dari ayat-ayat Al-Qur'an. berikut ini pembahasan makna dari huruf hijaiyah....Selamat Membaca!!!!! Makna Huruf Hijaiyah Sumber : Terjemah Dastanha-ye az khudha, Ahmad Mir Khalaf Zadeh & Qasim Mir Khalaf Zadeh. Kisah-kisah Allah, oleh : Najib Husain Al-idrus (qorina, 2006)       Hakim Al-Jarjani meriwayatkan dari sanad Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib. Seorang lelaki yahudi mendatangi Rasulullah saw seraya bertanya, " Apa makna huruf hijaiyah?" Rasulullah saw berkata kepada Imam Ali," jawablah pertanyaannya, wahai Ali!" kemudian Rasulullah saw berdo'a , " Ya Allah, jadikanlah dia berhasil dan bantulah dia." Amirul Mukminin Ali berkata, " Setiap huruf hijaiyah adalah nama-nama Allah." Beliau melanjutkan : Alif :Ismullah (nama Allah), yang tiada Tuhan selain-Nya. Dia selalu hidup, Maha mandiri dan Mahakuasa Ba'  : al-