Skip to main content

Amalan-Amalan Penebus Dosa

Assalamu'alaikum WR. WB,, 
Amalan-Amalan Penebus Dosa
perumpaan dosa bagi seorang Mukmin
Amalan-Amalan Penebus Dosa
Dosa
Manusia tak pernah luput dari yang namanya dosa dan khilaf, apalagi di zaman modern seperti ini. Demi hidup manusia rela melakukan hal apapun demi mempertahankan kehidupannya, yang berujung pada dosa dan kemaksiatan. Umumnya seorang manusia mengetahui bahwa melakukan maksiat/ sesuatu yang buruk itu adalah dosa, namun ada beberapa faktor yang mendekatkan diri dengan sebuah dosa dan kemaksiatan yakni Bisa karena pelarian karena masalah hidup, salah bergaul, dll. Hakikatnya sebuah dosa dapat mempengaruhi kehidupan dunia, namun bagi seorang Mukmin Menghitung dosa adalah penting baginya untuk menakar diri dan membekali diri untuk kehidupan di Akhirat kelak. 
"Tidak bergeser kaki seorang hamba sehingga ia akan ditanya tentang 4 perkara: Tentang umurnya untuk apa ia habiskan? Tentang ilmunya untuk apa ia amalkan? Tentang hartanya darimana ia dapatkan dan kemana ia belanjakan? dan Tentang badannya untuk apa ia gunakan?"(HR. Tirmidzi).

Seandainya dosa itu sebuah kotoran, bayangkan betapa kotornya kita. Seandainya dosa itu berbau busuk, bayangkan betapa busuknya kita. Naudzubillaahi min dzalik,, Astaghfirullaahal 'adzim. Seberapapun luasnya dosa kita, lebih luas lagi ampunan Allah. Seberapapun menggunung dosa kita, lebih tinggi lagi Rahmat dari Allah SWT. Kita jangan berputus asa akan pengampunan Allah SWT, Allah akan mengampuni dosa setiap hamba-Nya bagi hambanya yang bertaubat dan berusaha menjadi manusia yang lebih baik lagi. Allah tidak akan menilai betapa buruknya seseorang dimasa lalu, tapi Allah akan menilai kita dimasa sekarang yang insya Allah mendekati kebaikan.

Amalan-Amalan Sederhana Penebus Dosa:

1. Menyadari dosa & kesalahannya, segera memohon ampun (taubat) untuk tidak mengulangi dosa lagi, dan perbanyak beristighfar
"Tiadalah musibah itu turun, kecuali akibat dosa. Dan, tiadalah ia bisa diangkat kecuali dengan taubat". (Ali bin Abi Thalib).

"Sesungguhnya Allah Ta'ala membentangkan tangan-Nya pada waktu malam untuk menerima taubat orang yang berdosa pada waktu siang dan Dia membentangkan tangan-Nya pada waktu siang untuk menerima taubat orang yang berdosa pada waktu malam hingga matahari terbit dari tempat terbenamnya". (Hr. Muslim).

2. Berwudhu & sholat
berwudhu bukan hanya bermanfa'at dari segi kesehatan, tapi juga dapat menggugurkan dosa. 
"Apabila seorang hamba muslim/ mukmin berwudhu, lalu ia mencuci wajahnya maka akan keluar dari wajahnya semua dosa yang dilihat oleh matanya bersama tetesan air wudhu. dan jika ia mencuci tangannya maka akan keluar semua dosa yang dilakukan oleh tangannya bersama tetesan air wudhu. Dan jika ia mencuci kakinya akan keluar dari kakinya semua dosa yang dilakukan oleh 2 kakinya bersama tetesan air wudhu hingga akhirnya ia selesai berwudhu dalam keadaan bersih dari dosa". (HR. Muslim).

"Rasulullah SAW bersabda, "Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang dapat menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat kalian?" Para shahabat menjawab: "Tentu wahai Rasulullah." Beliau bersabda: "Menyempurnakan wudhu dalam kondisi-kondisi sulit, memperbanyak langkah menuju mesjid, menunggu sholat berikutnya setelah selesai sholat dan menjaga daerah perbatasan perang". (HR. Muslim).

3. Do'a dan Dzikir
Suatu kaum yang duduk untuk berzikir kepada Allah Ta'ala lalu mereka berdiri, Niscaya akan dikatakan kepada mereka: 
"Berdirilah kalian, Sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa-dosa kalian, dan kesalahan-kesalahan kalian telah digantikan dengan kebaikan" (Shahih Al-Jami).

4. Perbanyak mengucapkan Subhanallaah wabi Hamdihi
"Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa mengucapkan 'Subhanallah wabi Hamdihi dalam sehari 100 x, maka akan dihapuskan dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih dilautan" (HR. Bukhari-Muslim no. 2691)

"Rasulullah SAW bersabda, "Apakah salah seorang diantara kalian tidak sanggup untuk mendapatkan seribu kebaikan setiap harinya; (yaitu dengan) bertasbih 100 x. Sehingga akan dituliskan untuknya seribu kebaikan dan digugurkan darinya seribu kesalahan?!" (HR. Muslim).

5. Berbuat baik
"Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk". (QS. Huud: 114)
6. Bersabar akan ujian dari Allah SWT

"Tiadalah seorang muslim yang ditimpa kepayahan, sakit (yang berkepanjangan/ lama), kecemasan (gundah), kesedihan, kesakitan, dan duka cita hingga (ditimpa musibah) tertusuk duri yang melukainya, kecuali Allah akan menghapuskan dosa-dosanya."  (HR. Bukhari-Muslim)
7. Berjabat tangan

-berjabat tangan dapat menjadi penggugur dosa, dosa akan diampuni sebelum berpisah. 
-Menghilangkan kebencian & kesalahpahaman dalam pergaulan.
8. Puasa 'Asyura
Dari Abu Qatadah RA. Rasulullah SAW ditanya tentang puasa hari 'asyura, beliau bersabda: "Saya berharap ia bisa menghapuskan dosa-dosa satu tahun yang telah lewat." (HR. Muslim)
9. Puasa Arafah
Abu Qotadah Al-Anshori berkata, "Nabi SAW ditanya mengenai keutamaan puasa arafah? Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang."
10. Bersedekah
Rasulullah SAW bersabda: "Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api". (HR. Tirmidzi)
Hendaklah diri jangan merasa sempurna tanpa dosa..sekecil apapun dosa hendaklah disadari, dan sebaiknya tidak diremehkan. Sebagaimana nasehat dari Bilal bin Sa'ad RA: "Janganlah engkau melihat kecilnya dosa tapi lihatlah, siapa Dzat yang engkau maksiati! Namun, sebesar apapun dosa kecil/ pun besar yang mungkin bagi kita adalah terlalu besar untuk dimaafkan,, percayalah bahwa Allah Maha Ghoffar.. Maha Memaafkan, janganlah berputus asa dari Rahmat/ pengampunan Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT: "Wahai hamba-hamba-Ku yang telah melampaui batas terhadap diri sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa, Sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (QS. Az-Zumar:53). Semoga kita dapat melaksanakan amalan-amalan penebus dosa sebagai upaya memperbaiki diri di hadapan-Nya,, tentunya masih banyak amalan-amalan penebus dosa, namun semoga artikel ini dapat bermanfa'at. Insya Allah.. (^_^)

Comments

  1. Surgery Steel vs Titanium [DIAMOND ARCHITECTIVE] - Titanium
    Titanium Design - Titanium [DIAMOND titanium wedding band sets ARCHITECTIVE] is titanium wallet a flexible, graphite titanium 3d printer steel-based surgical construction for the titanium steel production of surgical how to get titanium white octane steel for the

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pentingnya Berbuat Kebaikan

Berbuat Baik selagi masih ada waktu Assalamu'alaikum.. Manusia dimuka bumi ini adalah sebagai makhluk sosial, yang saling membutuhkan dan saling berhubungan antar sesama manusia (Hablu minannaas), patutnya kita berlaku baik terhadap sesama manusia walau terkadang kebaikan kita sering dilupakan orang, Walau semaksimal mungkin kita berusaha untuk berbuat baik, namun ada saja yang berprasangka tidak baik terhadap kita. Tetaplah berbuat baik apapun media dan caranya karena tiada satu pun kebaikan, sekecil apapun yang sia-sia di dunia ini. Jangan sampai kritikan orang lain mematahkan semangat kita dalam berbuat kebaikan, tetaplah berbuat kebaikan meskipun kepada seseorang yang berlaku buruk kepada kita. Peluang berbuat baik itu selalu terbuka lebar bagi siapapun yang ingin berlaku baik, kita dapat melakukan kebaikan dimana saja dan kapan saja. Tak ada kerugian jika kita mau berlaku baik terhadap sesama, berbuat baik memiliki efek panjang untuk masa depan, Allah selalu memberikan

Sumayyah binti Khayyat: Orang dan Wanita Pertama yang Mati Syahid

Mati Syahid Sejarah Islam telah menuliskan namanya dengan tinta emas sejarah. Cahaya keimanannya begitu teguh sekeras baja, dan Ia rela mengorbankan hidupnya demi membela agama islam. Dialah Orang dan muslimah pertama yang gugur di jalan Allah (mati syahid). Wanita mulia yang layak diteladani kaum hawa itu bernama Sumayyah binti Khayyat , seorang hamba sahaya berkulit hitam yang sangat setia kepada tuannya, Abu Hudzaifah bin Mughirah . Pada suatu ketika ada seorang pendatang yakni merupakan saudara angkatnya Abu Hudzaifah yang bernama Yasir bin Amir yang berasal dari Yaman bersama saudaranya yang lain, yang sedang mencari keberadaan salah satu saudara yang hilang. Tak berselang lama, tumbuh perasaan saling suka diantara keduanya (Sumayyah & yasir). Yasir pun memutuskan untuk tidak lagi mencari saudaranya yang hilang, kemudian memutuskan untuk menetap di kota Mekkah dan tidak ikut serta bersama saudara-saudaranya. Yasir pun akhirnya mengutarakan keinginannya kepada Abu Hud

MAKNA HURUF HIJAIYAH

Diantara kita mungkin banyak yang bertanya-tanya apa sih makna dari huruf hijaiyah, penyusun yang terkandung dari ayat-ayat Al-Qur'an. berikut ini pembahasan makna dari huruf hijaiyah....Selamat Membaca!!!!! Makna Huruf Hijaiyah Sumber : Terjemah Dastanha-ye az khudha, Ahmad Mir Khalaf Zadeh & Qasim Mir Khalaf Zadeh. Kisah-kisah Allah, oleh : Najib Husain Al-idrus (qorina, 2006)       Hakim Al-Jarjani meriwayatkan dari sanad Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib. Seorang lelaki yahudi mendatangi Rasulullah saw seraya bertanya, " Apa makna huruf hijaiyah?" Rasulullah saw berkata kepada Imam Ali," jawablah pertanyaannya, wahai Ali!" kemudian Rasulullah saw berdo'a , " Ya Allah, jadikanlah dia berhasil dan bantulah dia." Amirul Mukminin Ali berkata, " Setiap huruf hijaiyah adalah nama-nama Allah." Beliau melanjutkan : Alif :Ismullah (nama Allah), yang tiada Tuhan selain-Nya. Dia selalu hidup, Maha mandiri dan Mahakuasa Ba'  : al-